Pages

Friday, October 4, 2013

Unit Fraksinasi dalam Proses LNG

Dalam proses pendinginan dan pencairan LNG, terdapat beberapa tahapan antara lain 
1. Heavy Carbon removal unit Hidrokarbon berat C5+ ke atas dipisahkan dari gas alam. Salah satu media pemisah bisa menggunakan KOD ( Knock Out Drum ) di mana hidrokarbon berat, glikol dan air dipisahkan dari gas alam. Setelah keluar dari KOD, diasumsikan komposisi gas alam menjadi sebagian besar C1 ,lalu C2, C3 , sedikit iC4 dan nC4 kemudian C5+ dalam jumlah yang sangat kecil. 
2. CO2 removal unit Disini impurities gas asam dipisahkan dari gas alam, salah satunya CO2. Ada banyak cara untuk memisahkan kandungan CO2 dari gas alam, antara lain menggunakan solvent (MEA,DEA,MDEA, aMDEA) ataupun teknologi membran. 
3. Water Content removal unit Kandungan air dalam gas alam harus dihilangkan karena dapat mengganggu proses salah satu contohnya freezing point air lebih rendah dari metan sehingga bisa membeku pada suhu cryogenic dan dapat mengalami kebuntuan pada tube-tube. 
4. Mercury removal unit 
5. Fraksinasi Fungsi dari fraksinasi sendiri antara lain : 
a. Purity product. 
b. Memproduksi refrigerant : C1/C2/C3 
c. Remove BTEX ( Benzene Toluene EthylBenzene Xylene )   

Distilasi : pemisahan yang di drive oleh berdasarkan perbedaan titik didih. Semakin sedikit rantai karbon maka titik didih nya semakin kecil.   Dalam pemisahan gas alam didesain pemisahannya urut berdasarkan titik didihnya, agar setting kondisi operasi tidak susah. Tidak perlu menaikkan menurunkan tekanan berulang.   Considerasi dalam setting operasi column antara lain :
  1. Seberapa kemurnian produk yang ingin dicapai.
  2. Cooling media yang digunakan berpengaruh terhadap tekanan dan temperatur operasi.
  3. Other consideration.
  @mellychandraf

No comments:

Post a Comment